Sabtu, 18 Juni 2011

Tachometer Bis

Tahukah anda ....

Pada Tachometer bis umumnya terdapat warna-warna yang menunjukkan rentangan operasi tachometer :

1. Hijau >> putaran mesin paling ekonomis

2. Kuning >> putaran mesin yg cukup memadai untuk engine brake

3. Kuning merah >> putaran mesin yg beresiko

4. Merah >> putaran mesin melebihi batas - mempercepat resiko kerusakan mesin.
Tidak semua bis memiliki warna2 persis seperti keterangan diatas, tapi pada prinsipnya sama. Tiap merk mesin bisa berbeda-beda rentangan operasi tachometernya, tergantung dari karakteristik mesinnya.

Dashboard Mercedes-Benz OH-1725

Beberapa petunjuk yang berkaitan dengan tachometer

Secara rutin lihatlah tachometer ketika mengemudi. Untuk mencapai pengeoperasian kendaraan yang paling ekonomis, jagalah selalu putaran mesin dalam rentangan putaran ekonomis (garis2 hijau).

Jangan menggunakan suara mesin untuk mengukur apakah mesin sudah melebihi batas putaran. Karena itu anda jangan melakukan perpindahan gigi hanya dengan mendengar suara mesin, tetapi harus melihat putaran mesin yang ada di tachometer.

Melewati Turunan :

1. Jagalah putaran mesin agar tidak mencapai mencapai garis2 kuning merah (putaran mesin beresiko)

2. Jangan sampai putaran mesin mencapai garis2 merah (overspeed ranges). Jika putaran mesin mencapai overspeed range, suara alarm akan berbunyi. Pilihlah gigi yang sesuai atau kurangilah kecepatan kendaraan agar mesin tidak bekerja pada putaran yang melebihi batas.

Ketika menggunakan Engine Brake :

1. Jaga putaran mesin yang sesuai untuk pengoperasian engine brake (garis2 kuning). Pada rentang putaran ini memungkinkan untuk mendapatkan engine brake dengan efisiensi yang maksimal tanpa beresiko merusak mesin.

2. Ketika engine brake bekerja, jangan biarkan putaran mesin memasuki rentangan putaran yg beresiko (garis2 kuning merah) karena dapat mempercepat kerusakan mesin atau mengurangi ketahanannya.

0 komentar:

Posting Komentar

games mochiads

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons